Spesifikasi komputer untuk desain grafis

Spesifikasi komputer untuk desain grafis – Didalam dunia percetakan, dibutuhkan peralatan utama yang wajib harus ada yaitu komputer dan printer. Untuk itu, spesifikasi komputer untuk desain grafis yang bagus itu seperti apa? mari kita bahas itu di postingan kali ini.

 

Komponen yang perlu diperhatikan

Di dalam merakit sebuah komputer desain grafis, ada beberapa komponen hardware yang perlu diperhatikan. Beberapa komponen yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :
  • 1. Motherboard

Motherboard merupakan inti dari sebuah komputer. karena di motherboard inilah semua komponen hardware dipasang, mulai dari hardisk, RAM, VGA dan yang lainnya. Di motherboard ada beberapa soket, untuk tempat RAM, VGA, Processor di pasang. Bagian yang penting adalah ketika anda memilih motherboard, pastikan motherboard tersebut cocok dengan soket processor yang akan digunakan. Jangan sampai motherboard yang anda beli malah socketnya tidak cocok dengan processor.

  • 2. Processor

Processor ada dua pabrikan yang selalu bersaing meningkatkan kemampuan teknologi processornya, yaitu AMD dan Intel. Keduanya selalu bersaing dalam mengeluarkan processor dengan teknologi terbarunya, hal ini dimaksudkan untuk semakin menggaet banyak konsumen.  Dan keduanya pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya adalah pada processor intel, dia memiliki kelebihan dengan bandelnya dan tidak cepat panas, akan tetapi harganya lumayan mahal.

Sedangkan pada AMD, dia memiliki tipe processor yang cepat panas, dan hal itu bisa diakali dengan dibuatnya sirkulasi udara yang baik pada casing dengan menambah beberapa kipas pada casing. Hal yang menggembirakan adalah dengan harga yang lebih murah dari intel, anda akan mendapatkan processor AMD dengan spesifikasi yang sama dengan Intel.

  • 3. RAM (Random Acces Memory)

Komponen ini bertugas untuk menyimpan data sementara ketika kita mengoperasikan komputer. Biasanya kta mengenal RAM dari besarnya kapasitas, misalnya 1GB, 2GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB dan 32 GB

Kebanyakan komputer-komputer sekarang menggunakan RAM DDR2 atau DDR3. Sehingga ketika anda membeli RAM anda jangan melihat kapasitasnya saja, tetapi anda harus melihat soket yang tersedia pada motherboard. Apakah motherboard tersebut menggunakan soket RAM DDR2 atau DDR3. Jangan sampai anda sudah membeli RAM DDR2 dengan kapasitas 16GB,  tetapi di motherboardnya ternyata menggunakan soket RAM DDR3.

  • 4. VGA (Video Graphics Array)

Bagi anda yang akan merakit sebuah komputer untuk desain grafis, VGA ini merupakan salah satu faktor penting. sebab menggunakan aplikasi grafis nantinya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi tinggi dikarenakan komputer dituntut bekerja keras untuk memproses data-data grafik. Oleh karena itu anda harus menyiapkan uang lebih untuk membeli VGA External atau istilah lainnya graphic card. Banyak merek graphic card yang ada dipasaran, contohnya Asus, Gigabyte, MSI. Akan tetapi pada dasarnya semua merek tersebut menggunakan chipset buatan NVIDIA atau ATI RADEON.

Graphic card berbeda dengan RAM, dimana jika RAM kapasitasnya semakin besar maka kinerja komputer akan semakin baik. Misalkan, jika kita merakit komputer menggunakan RAM 4GB pastinya akan lebih baik kinerjanya daripada menggunakan RAM dengan kapasitas 2GB.

Sedangkan pada VGA untuk kinerjanya tidak hanya ditentukan oleh besarnya kapasitas penyimpanan (GB). Sehingga terkadang tidak sedikit orang mencari VGA yang Gega byte nya tinggi. Padahal kualitas grafis pada sebuah VGA tergantung pada nilai bit dari VGA. Misalkan, VGA dengan kapasitas 256MB 256bit jauh akan lebih bagus performanya daripada VGA 1GB 64bit. Dan pastinya harga sebuah graphic card dengan nilai bit yang besar akan lebih mahal meskipun kapasitas GB nya lebih kecil. Anda bisa mengeceknya di toko komputer.

  • 5. Hardisk

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang berupa cakram padat (logam). Ada beragam kapasitas hardisk yang dijual dipasaran, misalnya 80GB, 160, 250GB. dan hardisk komputer paling besar yang beredar dipasaran Indonesia adalah 2TB (Tera byte). Semakin besar kapasitas hardisk yang nantinya anda gunakan semakin baik,  hal ini dikarenakan untuk mendukung aktifitas penyimpanan file desain yang tergolong besar. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk. Jika anda memiliki dana lebih, di sarankan membeli hardisk yang RPM-nya di atas 7200 Rpm.

  • 6. Power Suplay (PSU)

Power supply merupakan komponen yang bertugas mendistribusikan dan pembagi arus listrik. Power Supply yang berkualitas akan memberikan kestabilan pada kinerja komputer. Pada Power Supply standar bawaan casing, nilai WATT yang tertera terkadang tidak murni (biasanya tertulis 450 W, tetapi daya aslinya hanya 250 WATT).

Power supply mengalirkan arus listrik DC ke komponen-komponen yang membutuhkan daya listrik seperti Hardisk, motherboard, VGA, Prosesor, DVD RW, dan yang lainnya. Dengan menggunakan Power supply standar, kemungkinan kapasitas daya yang dimiliki tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kompnen hardware. Jadi jika anda memiliki dana lebih, anda bisa membeli power supply tersendiri yang bukan bawaan casing.

Komponen pendukung selain komponen inti diatas

Selain komponen diatas, ada beberapa hardware komputer lainnya yang penting untuk diperhatikan. Misalnya casing, mouse, cooling fan dan monitor. Disarankan untuk membeli casing komputer yang baik. Baik disini dalam arti casing tersebut memiliki lubang sirkulasi udara yang bagus. Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang berasal dari dalam komputer. Jika dirasa perlu, tambahlah cooling fan pada casing untuk membantu mendinginkan komponen-komponen komputer.

Pemilihan mouse yang sesuai juga akan meningkatkan kualitas desain. Diusahakan untuk tidak memakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) yang rendah di bawah 800 Dpi. Gunakanlah mouse yang memiliki kerapatan Dpi yang tinggi antara 3000 hingga 6000 Dpi. Biasanya Dpi tinggi ada pada mouse-mouse untuk bermain game.

Baca juga : Langkah Awal Membuka Usaha Percetakan dengan Modal Kecil

Berikut contoh spesifikasi komputer untuk desain grafis yang patut dipertimbangkan :

Rakitan CPU Desain Grafis Intel dan Harga
Processor :Intel Core i3 3240 3.4GHzRp 1.460.000
Motherboard :Gigabyte H61M-DS2Rp 890.000
RAM :Team Elite Plus DDR3 4GB PC12800  (2 x 2GB)Rp 425.000
VGA :HIS R7 240 2GB DDR5 128BIT iCoolerRp 1.050.000
Hardisk :SEAGATE 500GB SATA 3.0Rp 670.000
Casing :Dazumba D-Vito 685/686 450 WattRp 500.000
Optical Drive :LG DVDRW 24x SATARp 159.000
Total :Rp 5.154.000

 

Rakitan CPU Desain Grafis AMD dan Harga
Processor :Apu A10-X4-7850K With Vga RadeonRp 1.835.000
Motherboard :ASRock FM2A68MRp 800.000
RAM :Team Elite Plus DDR3 4GB PC12800  (2 x 2GB)Rp 425.000
VGA :vga onboard 2gb R7 Kaveri-DX11.2-128bit-512shaders
Hardisk :SEAGATE 500GB SATA 3.0Rp 670.000
Casing :POWERLOGIC FUTURA NEO 450WRp 500.000
Optical Drive :LG DVDRW 24x SATARp 159.000
Total :Rp 4.389.000

Catatan : Harga-harga diatas diambil dari berbagai sumber dan harga komponen antara toko yang satu dan yang lainnya kemungkinan akan berbeda.

Cukup itu saja yang dapat kami bagikan kepada anda yang tertarik di dunia percetakan. Anda tidak perlu mutlak persis menggunakan spesifikasi tersebut, hanya cukup untuk acuan anda, dan anda bisa downgrade maupun upgrade spesifikasi kami diatas.

Post Author: vianart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *