Pengertian Offset Printing

Pengertian Cetak Offset

Cetak Offset, Offset berasal dari kata Set-Off (Peralihan) adalah teknik cetak yang digunaan, dimana citra (image) bertinta di transfer (di offset) terlebih dahulu dari plat sebelum kemudian di transfer ke lembaran karet, setelah itu baru ke permukaan yang akan di cetak, atau media cetaknya. Untuk percetakan skala besar, cetak offset sangat banyak digunakan saat ini. Karena teknik cetak ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan teknik cetak lainnya, seperti kecepatan dan kemajuan teknologinya.

Ketika dikombinasikan dengan proses litografi (sebuah metode untuk percetakan di atas permukaan licin, dan juga sebuah cara untuk memproduksi semikonduktor dan peralatan MEMS) yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak tercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) dimana citra yang di yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang tidak dicetak menarik air, dan membuat area yang tidak dicetak tidak terkena tinta.

Mesin  ini tersedia dalam beberapa pilihan (seperti yang sudah dijelaskan juga diatas) diantaranya, mesin satu warna seperti Hiedelberg GTO 52, Printmaster, Speed Master, Roland, hingga mesin-mesin web yang berukuran besarpun ada. Cetak offset mengadopsi teknik cetak datar, dimana image area dan non image area sama tingginya.

Untuk alur mudahnya , proses perjalanan Tinta Cetak dimulai dari Tempat Tinta > Plat Cetak > Blanket > Media yang di Cetak.

Alur Proses Cetak Offset

Pengertian dan Apa Itu Mesin Cetak Offset Printing, Cetak Offset dan Biaya Cetaknya

Proses untuk mencetak dengan menggunakan teknik ceta offset dibagi menjadi 3 proses yaitu :

Proses Pra-Cetak

Yang pertama ada proses pra-cetak. Sebelum ke proses ke pencetakan kita akan melakukan proses pra-cetak terlebih dahulu. Yaitu mempersiapkan repro film yang akan digunakan. Setelah desain selesai, selanjutnya akan diuotput untuk dibuatkan film.
Setelah film selesai, langkah selanjutnya kita akan melakukan rekam plat. Rekam plat adalah hasil film repro direkam prosesnya, seperti fotocopy, pada bahan berupa plat alumunium yang nantinya bahan ini akan dipasang pada mesin cetak.
Setelah itu, menyiapkan kertas yang akan digunakan sesuai dengan keperluan. Seperti contoh sobat akan mencetak undangan, maka yang harus disiapkan adalah kertas undangannnya.
Tahap terahir untuk proses ini ialah menyiapkan berbagai macam warna tinta sesuai yang dibutuhkan seperti, alkohol, fountain, dll.Setelah proses ini siap, maka selanjutnya kita akan melanjutkan ke proses cetak.
Pengertian dan Apa Itu Mesin Cetak Offset Printing, Cetak Offset dan Biaya Cetaknya

Proses Cetak

Proses cetak terdiri dari bebrapa proses, diantaranya :

Mensetting Plat, Tinta, dan Kertas

Plat cetak dan juga bahan kertas yang akan digunakan pada proses pra cetak tadi dipasang pada Mesin Cetak Offset pada posisinya masing-masing bedasarkan fungisnya. Plat cetak dipasang pada silinder Plat yang berada diatas mesin, sedangkan bahan kertas yang akan digunakan dipasang pada tempat mendatar dibawah rool. Dan juga siapkan juga tinta pada tempatnya.

Proses Cetak Offset

Setelah Plat Cetak, tinta, dan bahan kertas telah disiapkan atau sudah terpasang pada posisinya masing-masing, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan mesin offset tersebut. Maka mesin akan melaukan proses cetak.
Prosesnya tinta akan bersinggungan dengan Silinder Plat yang telah diterpasang Plat Cetak, dan Plat Cetak mentransfer Tinta  menuju Silinder Blanket. Lalu  Silinder Blanket yang membawa Tinta, bersinggungan dengan bahan kertas yang terpasang di Silinder Impression.
Sehingga terjadilah pemindahan gambar desain yang ada di plat cetak ke bahan kertas tersebut dengan tinta, dan kertas pun keluar satu persatu berisi gambar desain yang sudah jadi.