Review : Pilih Printer EPSON atau CANON, Mana yang lebih baik?

Review : Pilih Printer Epson atau Canon? – Tentu kebutuhan printer untuk kita itu sangat penting, karena kita di zaman digital, selain bentuk softfile, kita juga perlu bentuk hardfilenya. Printer adalah alat keluaran yang dapat kita gunakan untuk mencetak documen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis.

Macam Jenis Printer

Printer memilik beberapa macam jenis, diantaranya :

  • Printer InkJet.
  • Printer Dot Matrix.
  • Printer Laser Jet.
  • Printer LED/LCD.
  • Printer Plotter.

Diantara jenis printer diatas, memiliki kegunaan masing-masing.

 

Lalu kita dianjurkan memilih printer merk apa?

Tentu saja pertanyaan ini sering ditanyakan para konsumen kepada penjual printer dipasaran. Antara Epson dan Canon masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua merk printer diatas adalah tipe printer inkjet.

Jika para konsumen sudah pernah membeli printer ini pasti mengetahui harga kedua printer ini.

Ya, printer epson lebih mahal dari pada canon. Harga printer epson paling murah berkisar harganya Rp. 1,400,000,- an. Itu jenis printer yang paling rendah di epson.

Dibandingkan dengan printer canon yang harga paling murah dipasaran berkisar Rp. 600,000,- an.

 

Mengapa harga printer Epson lebih mahal daripada printer Canon?

Harga printer epson lebih mahal daripada canon karena Epson menggunakan catridge yang printheadnya sejenis kaca yang langsung disemprotkan di media kertas. Dan printhead Epson sistemnya mencampurkan 2 warna menjadi 1 warna. Sehingga printer ini cocok untuk mencetak jangka waktu yang lama. Semakin sering digunakan untuk mencetak, justru printer ini semakin awet. Dari pabriknya, printer epson ini sudah disetting untuk perawatannya jangka lama. Umumnya sampai 1 sampai 1,5 tahun baru diganti printheadnya.

Berbeda dengan printer Canon. Printer Canon menggunakan catridge yang printheadnya menggunakan busa. Dan warnanya tidak dicampur menjadi 1 warna. Sehingga printer ini jika digunakan sering untuk mencetak, maka perawatannya semakin sering. Dari pabriknya memang sudah disetting untuk perawatan printer canon ini jangka pendek, umumnya 2 bulan sekali printhead canon ini atau catridgenya harus diganti.

 

Jadi lebih untung Epson ya daripada Canon?

Belum tentu, memang perawatan printer Epson ini jangka waktunya lama, akan tetapi jika sekali ganti printheadnya, biaya untuk 1 printhead bisa menyentuh Rp. 1,000,000,- per catridge. Wow mahal ya?

Untuk printhead Canon harganya Rp. 265,000,- untuk yang warna, dan Rp. 235,000,- untuk yang hitam. Ini harga catridge printer Canon ip2770. Untuk Canon jenis lainnya mungkin berbeda. Tetapi 2 bulan sekali wajib ganti catridge.

 

Kualitas cetaknya bagaimana? pilih Epson atau Canon?

Kalau saya pribadi sebagai pemilik usaha percetakan lebih merekomendasikan untuk membeli printer Epson. Karena printer ini multiguna, dengan printheadnya yang bening seperti kaca dan dapat menyemprot langsung ke media kertas bisa untuk mencetak macam jenis kertas, terutama bisa untuk mencetak jenis kertas yang licin, seperti artpaper/artcarton, stiker, kertas decal dan lain-lain. Dengan menggunakan jenis tinta artpaper atau tinta dye sublimation tentunya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *